AKU Gandeng Sinar Kencana Dirikan MarkNet
Jumat, 31 Desember 2004 09:37
Asosiasi Kelompok Usaha (AKU) Jawa Barat bekerja sama dengan CV Sinar Kencana mendirikan MarkNet, pusat promosi dan pemasaran produk usaha mikro berbasis Internet. Sonson Garsoni, Ketua AKU Jabar, mengemukakan produk pengusaha mikro yang dipasarkan melalui fasilitas online MarkNet sudah mencapai 157 jenis terdiri dari 97 produk kategori satu dan 60 kategori dua. “Transaksinya belum terlalu besar masih di bawah Rp200 juta per bulan. Tapi angka itu mencerminkan potensi yang sangat besar di masa mendatang karena pusat pemasaran produk UKM ini baru diujicobakan sekitar dua bulan,” ujarnya. Pusat pemasaran dengan investasi kurang dari Rp1 miliar itu didesain cukup mewah dengan memajang beragam produk usaha mikro serta dilengkapi akses Internet 24 jam, hotspot zone bagi pemilik komputer WiFi, saluran telepon, ruang presentasi multi media dengan layar lebar dan coffee corner. MarkNet juga menyediakan jasa konsultasi standar mutu, kontrak dagang dan perjanjian jual beli, layanan kesekretariatan dan korespondensi sampai peluncuran produk dan promosi spot film. AKU membantu mempromosikan usaha mikro melalui Kencanaonline.com. Pengelola pusat pemasaran ini mengenakan biaya Rp100.000 per artikel produk yang ditampilkan. (Bisnis Indonesia)