PENDAHULUAN
Mendekatkan produk kepada pelanggan atau konsumen adalah bagian dari strategi pemasaran ( marketing strategy) disamping promosi ( Promotions), penyiapan produk secara baik (Product) dan kebijakan harga yang kompetitif (Price Policy). Dalam kaitan itulah, Kadin Kota Bandung – yang telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, antaranya Kadin Kota Batam, Paguyuban Pasundan- yakni organisasi komunitas Sunda di Batam- dan bahkan dengan Pemerintah Kepulauan Riau, mencetuskan program Bandung- Batam Incorporated (selanjutnya disingkat BBI).
Guna efektivitas dan profesionalisme pengelolaan BBI, telah ditunjuk PT. Paska KONSULTAN, pemilik dari sarana pemasaran MarkNet® ( Marketing Network) – yakni sebagai suatu business consultant berpengalaman lebih dari 10 tahun “mengurusi” pemasaran Usaha Kecil dan Menengah Koperasi (UKMK) bahkan usaha Mikro menjadi Organizernya Program BBI dimaksud.
Beberapa fasilitas bagi “peserta” atau anggota Program BBI antara lain :
• Produk anggota BBI (pada dimensi PxLxT tertentu) akan selalu terdisplay pada Rak Display/ Etalase Atraktif di area Kadin Bandung dan Display Area di Rep Office Kadin Kota Bandung di Lokasi Batam,
• Produk anggota BBI, berupa foto dan keterangan serta Informasi, akan selalu termuat secara bergantian pada Info Board Elektronik – yakni suatu LCD Display di area Display Room Kadin atau Reresentatif Office Kadin Kota Bandung di Batam – termasuk jika pemilik produk ( anggota BBI) sedang memerlukannya saat handle calon buyer di sekitar lokasi display Room tersebut,
• Disertakan minimal 2 kali Per Tahun Di Pameran/ Expo/ Promosi Dagang di Wilayah Kepulauan Riau.
• Produk anggota BBI Member di Upload pada Web bisnis di Internet ( www.bandungbusiness.com). Data Kontak sebagai bagian keterangan produk adalah data langsung anggota BBI, sementara itu, Web akan diklankan secara teratur pada media cetak dan media promosi di wilayah pasar target (sasaran ).
Disamping BBI – sebagai sarana promosi bagi produk anggota sebagaimana diatas, anggota akan memiliki fasilitas menempatkan produk ( placement), yakni :
• Diikutkan Dalam Event Penjualan Internasional ( seperti halnya pada Great Sale Singapore ) dengan biaya berupa komisi (Commision Fee) tertentu dari harga jual produk milik para anggota (Price List).
Dimasa datang setelah volume dan jumlah articles memadai serta kordinasi dengan para stakeholder pemasaran dapat mencapai persetujuan, selain hak diatas, akan diberikan :
Fasilitas Khusus Logistik ( Pengelolaan Outgoing Product Berdikari di Batam Berdasar Delivery Order). Bagi pemilik produk berjumlah besar namun kamba serta bernilai rendah (bulky dan volumenees), maka logistik ( sarana angkutan dan penyimpanan di lokasi target dagang ) akan sangat memegang peranan penting dalam upaya menurunkan biaya dan meningkatkan daya saing ( competitive advantage).
FASILITAS TAMBAHAN
Mengelola pemasaran produk bagi para UKM merupakan agenda kerja yang kompleks dan harus dipelihara secara teratur dan berkesinambungan oleh setiap UKM Producer itu sendiri. Dalam kaitan ini seringkali terdapat masalah antara standar dan kebiasaan (habit) UKM produsen atau seller dengan para pembeli (buyer) atau pedagang di negara atau wilayah target pasar.
1. kendala bahasa
Guna mengatasi masalah diatas, Program BBI memberikan Hak Otomatis kepada setiap anggota BBI memiliki kartu ID ( membership) pada MarkNet dengan layanan antara lain :
• Discount Harga Atas Semua Layanan MarkNet,
ARTICLES PRODUK
Berdasar pada penelusuran awal, pengalaman berbagai perjalanan dan dagang ke Semenanjung ( Singapura, Malaysia, Brunei, Thailand, Myanmar, Vietnam dan Kamboja), pada tahap awal akan di programkan penawaran barang-barang pada katagori :
• Craft , Fashion, Antique, Healthy Food, Creative Product, Garment, Shoes, Sandal/ Sliper, Leather and Leather Products, Men or boys’ shirts, Women or girls’ blouses, shirts and shirt-blouses, Women or girls’ suits, ensembles, jacket, blazers, dresses, Essential Oils, Jewelry craftsmanship, Spices, Furniture and Parts There of, and Environtmental tools and equipment
Program Bandung Batam Incorporated (BBI) – yang awalnya merupakan uapaya Kadin Kota Bandung melayani anggota, akan terus dikembangkan hingga makin efektif memasarkan produk Bandung dan menjangkau UKM di wilayah lain ( seluruh Indonesia) – sepanjang tidak ada larangan dan keberatan atau bahkan, sekiranya mendapat sokongan dari instansi berwenang maupun Kadin dan Asosiasi setempat. BBI akan dengan senanghati melayani para UKMK- yang memiliki kepentingan sama – yakni meluaskan pemasaran ke Semenanjung dengan Batam sebagai jembatan+++++++++)