Mark Net- Market Places & Networking

Kepada:
Yth. Bapak Ir. Sonson Garsoni

Dengan hormat,

Sehubungan dengan permintaan kami untuk menjadi nara sumber mengenai layanan jasa MarkNet, profil perusahaan dan peluang bisnisnya, maka dengan ini kami kirimkan bahan wawancara liputan. Sebagai informasi, tulisan mengenai hal ini kami rencanakan untuk mengisi edisi bulan Agustus 2007 nanti.

Terus terang pada awalnya kami mengenal MarkNet sekadar sebagai penyedia jasa internet cepat untuk mendukung pemasaran. Sebenarnya bisnis apakah yang disediakan? Kapan mulai beroperasi dan bagaimana latar belakang ceritanya?

Mengapa Pak Sonson tertarik mengembangkan layanan ini? Pada waktu itu apakah juga karena melihat peluang bisnis sementara belum ada kompetitor?

Secara lebih detil layanan apa saja yang diberikan MarkNet kepada klien?

Jenis konsumen seperti apa yang menjadi target pelayanan MarkNet? Kesimpulannya pada dasarnya lebih sebagai layanan B’ to B’ ataukah B’ to C’? Lalu bagaimana cara/ prosedur bagi mereka itu untuk menikmati jasa yang ditawarkan?

Sejauh ini konsumen yang masuk dalam jaringan ada berapa perusahaan, meliputi wilayah mana saja?

Menurut Pak Sonson, berdasarkan tingkat kebutuhan animo, bagaimana prospek bisnis jasa ini?
Adakah kendala/ kesulitan untuk membesarkan usahanya? Dalam hal apa dan bagaimana cara mengatasinya?
Berapakah investasi untuk mendirikan usaha ini? Lalu apakah rencana pengembangan usaha Bapak ke depan? Adakah semacam penawaran kerjasama dengan pihak lain? Dalam hal apa dan bagaimana bentuknya?
Terakhir, bagaimana perkembangan perusahaan sampai saat ini dan apa yang menjadi target dalam waktu dekat? Bagaimana pula langkah kongkrit untuk mencapai hal itu?

Selain itu mohon dilampirkan pula data diri (nama lengkap, usia/ kelahiran, status keluarga, latar belakang pendidikan, prestasi, dll) disertai beberapa foto-foto yang menarik sebagai ilustrasi.

Lebih kurang atas perhatian dan partisipasinya kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Wiyono
Reporter

Majalah Pengusaha
Jl Pulo Ayang 31,
Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur
Phone: 021 46834949 Fax: 021 46834789 Mobile : 081808818708

___________________________________________________________________

Yth Bapak Ali Hamsari dan Mas Wiyono/ Majalah Pengusaha,

Saya minta maaf jika jawaban saya sangat terlambat karena berbagai kesibukan yang ada saat ini. Mohon dapat diterima, barangkali bermanfaat, pemaparan saya berkut atas pertanyaan Majalah Pengusaha dibawah ini :

1. MarkNet- Marketplaces & Networking- adalah produk layanan bisnis ( business services) – yang didirikan sejak tahun 2004 dan dimiliki serta dikelola PT PASKA KONSULTAN. Perusahaan PT. Paska KONSULTAN itu sendiri, pada awal pendiriannya adalah suatu perusahaan layanan jasa konsultansi dalam bidang manajemen, pertanian, lingkungan dan pemasaran- didirikan tahun 1985 di kota Bogor Indonesia. Aktivitas perusahaan ini, selama kurun waktu 1985 sampai 2004, meliputi kota-kota di Jawa Barat serta beberapa kota di Provinsi di seluruh Indonesia.

Disamping menjalankan layanan jasa konsultan berdasar pesanan instansi pemerintah maupu swasta diatas, sekitar 10 tahun terakhir, PT Paska KONSULTAN melakukan penelitian aksi (action research) dengan melakukan pendampingan usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKM). Kegiatan kami antaranya mentrasfer informasi (Standar Produk, Cara Produksi, Trend Permintaan Pasar dan Kemasan Produk) serta pendampingan usaha – dalam menguatkan kinerja pemasaran para Usahawan. Target client kami saat itu umumnya bergerak dalam usaha produksi, antara lain, meliputi hasil olahan (makanan kecil), kerajinan ( kayu mahoni), pupuk majemuk, pupuk urea tablet, komposter pengolah sampah organik, pupuk organik kompos, aneka pangan olahan, herbal – tanaman berkhasiat dan hasil pertanian sehat bebas kimia lainnya seperti beras, teh hijau (Green Tea), kopi dan sejenisnya.

2. Tertarik berinvestasi peralatan multi media, Teknologi Informasi dan komputer karena berdasar pengalaman menyimpulkan bahwa kelemahan daya saing para UKMK, antara lain, lambat ketika merespon peluang pasar. Banyak produk bagus namun kurang dalam hal promosi, kemasan, penempatan dan pelayanan kepada pelanggan serta akibat dari inefisiensi adalah kalah kompetisi harga. Belum adanya, saat itu tahun 2004, suatu layanan satu atap ( one stop business services) membuat pengusaha harus mendatangi wartel untuk komunikasi, mendatangi warnet untuk layanan internet dan berbagai tempat layanan dokumen seperti foto copy, percetakan dan VCD movie maker ketika harus melayani suatu peluang pasar tertentu.

3. Detail layanan antara lain ( klik MarkNet Services):

A. LAYANAN INTERNET & COMPUTER, dengan artikel produk tersedia antara lain: akses internet cepat, wifi hotspot zone, Bandwith Reseller, Layanan Promosi melalui Product Upload Internet, Promosi Adwords Google – Iklan Tertarget, Layanan Pembayaran Online ( Payment Online), Layanan Online Pembelian (Online Shopping), Layanan Online Transfer, Layanan Info Pelelangan/ Tender dan Digital printing;

B. MULTI MEDIA SERVICES (MMS) antara lain : Graphic Design (Desain Grafis), Movie Maker & Edit, Back Up Data, Media Promosi Merchandise ( Mug, T Shirts dan ID Card), Company ID Card, Web Design & Hosting, Digital Photo Printing, Cutting Sticker & Desain, Media Outdoor Neon Box dan Billboard;
C. EXPO & PRESENTATION EQUIPMENT SERVICES (EPS)tersedia layanan antara lain : Antar Jemput ( Pick Up & Delivery) Barang, Layanan dan Persewaan Kamera Foto & Kamera Digital, Laptop, Proyektor, Genset, Sound System dan Tenda Gazebo Flexible – dan sarana lainnya -yang umum diperlukan dalam menampilkan pencitraan produk, product launching, presentasi produk dan menampilkan merk dagang para usahawan.
D. HERBAL CORNER Services (HCS) yang menyediakan aneka minuman dan makanan kecil ( meals) meliputi antara lain : fresh herbal, fresh coffee, fresh green tea, snack meals ( Indoor di Internet Cafe maupun Take Away). Herbal Corner ini akan memberikan pilihan minuman bernuansa kesehatan bagi para pelanggan – yang berkunjung pada saat mengerjakan sendiri aneka keperluan bisnis di MarkNet, atau sebagai minuman sela di saat pelanggan menunggu layanan kami, mengerjakan order pesanan anda.
E. LAYANAN KONSULTANSI & TRAINING ( Consultancy & Training Services/CTS). Dengan pemilikan Food dan Beverage (F/B) Counter Bar, peralatan lengkap presentasi dan product launching, network atas berbagai sumberdaya tenaga ahli, akses pada pemakaian space ruang class room ( Graha Kadin Lt 2 kapasitas 25 orang, Meeting Room Graha Kadin Lt1 kapasitas 100 orang) dan akses kepada lokasi praktek serta percontohan usaha ( IPKK Ciparay, IPKK Cibiru, Anisa Packaging Service), MarkNet memberikan layanan berdasar kontrak atau jumlah kepesertaan tertentu akan :

E.1. Pemberian Konsultansi berkenaan kemasan produk ( product packaging), pemasaran (marketing), promosi (promotions) dan distribusi ( Placement). Dilayani oleh para ahli – berdasar berdasar appointment – sesuai bidangnya masing-masing. Layanan ini diberikan pada Jam dan hari tertentu sesuai kesepakatan/ kontrak Order dengan tarif per jam bicara (talking hour basis);

E.2. Layanan dan Pengadaan Entrepreneurship Training bagi Target Group (minimal 15 orang/ Angkatan) dalam bidang diantaranya : Usaha Pupuk Organik/ Kompos, Usaha Jasa Kebersihan/ Pengelolaan Sampah Kota, Internet Marketing ( Adwords, Blog Marketing, Template Upload) serta pelatihan Usaha Komoditas Agribisnis ( Buah, Sayuran, Tanaman Obat dan Tanaman Hias) baik melalui trainning In Class Room, Trip atau Wisata serta media pertemuan lainnya.

4. Target market kami adalah para pengusaha kecil- yang umumnya memang tidak efisien jika memiliki dan menjalankan aneka peralatan IT, multi media serta internet oleh masing-masing. Masih terbatasnya skala usaha, seringkali membuat peralatan yang- disamping teknologinya cepat berobah- memiliki iddle capacity atau kurang terdayagunakan secara optimal. Dengan demikian MarkNet mengembangkan layanan B to B, baik para pengusaha dan perusahaan menjadi klien tetap kami sebagai anggota terdaftar (member ) mapun meminta layanan berdasar kasus per kasus.

5. Sejauh ini para pelanggan kami p[ada umumnya para pengusaha yang tergabung di asosiasi perusahaan dan pengusaha serta anggota Kadin. Salah satu outlet layanan Marknet berada persis di lantai 1 gedung Grha Kadin Kota Bandung, misalnya. Sementara lain, para usahawan mikro yang tergabung dalam UPPKS ( Usaha Peningkatan Kesejahteraan Keluarga) juga merupakan jaringan MarkNet.

6 . Prospek jasa ini kami anggap baik jika mengingat persaingan global menuntut adanya kemajuan secara cepat dalam merespon peluang pasar. Lemahnya kemasan, promosi dan pencitraan produk, sebagai contoh, telah membuat banyak produk bagus para pengusaha kecil terpaksa dijual secara manufacturing contract basis dengan perusahaan besar Malaysia, Singapura dan “negara pedagang” lainnya. Dengan itu, mereka hanya bertindak sebagai vendor penyedia produk generik sementara nilai tambah ( added value ) harga diperoleh oleh perusahaan prinsipal. Perusahaan prinsipal inilah yang mengembangkan kemasan, merk ( branding) dan mendistribusikan ke dekat pelanggan ( placement) serta menetapkan harga ( price policy). Jadi sepanjang para pengusaha menyadari tantangan itu, sementara lain adalah memang kurang efisien memiliki dan mengelola peralatan berkaitan dengan marketing secara sendiri-sendiri, maka prospek usaha jasa MarkNet ini akan bagus.
7. Membesarkan usaha ini, karena bersifat jasa yang sangat peka pada kepuasan pelanggan, akan sangat bergantung pada keteresediaan sumberdaya manajerial -yang bisa memiliki sense of belonging yang tinggi. Dengan dasar itu, pengembangannya harus dilakukan melalui sistim franchese. Sejauh ini 3 tahu kami berjalan, atas investasi sendiri hanya mampu membuka 3 ( tiga) gerai saja.

8. Mendirikan usaha MarkNet akan memerlukan investasi pertama kalinya bisa mencapai diatas 1 milyar. Namun kemudian, dalam pengembangan gerai atau outlet, karena database, server dan sistim manajemen sudah cukup tersedia, investasi kemudia menjadi berkisar Rp 200.000.000/ gerai. Penawaran kerjasama kami lakukan kedepan dengan membidik usahawan warnet. Kami menganggap usaha warnet akan menjadi embrio bagus menjadi MarkNet- Marketplaces & Networking. Sebagaimana diketahui, sebagian pendapatan MarkNet adalah perolehan margin dari posisi sebagai outlet pemasaran dari berbagai produk Kencana articles ( www.kencanaonline.com ) – hasil pendampingan usaha kepada para usahawan mikro dan kecil (UKMK) sebelumnya. Jadi MarkNet bukanlah sekedar warnet, lebih jauh dari itu adalah outlet pemasaran produk UKMK – dengan dukungan internet sebagai infrastruktur ( backbone) dalam layanan komunikasi product knowledge, data stock, komunikasi dengan pelanggan dan lainnya.

9. Perkembangan usaha saat ini memang cukup biasa saja, tidak terlalu pesat namun berjalan dengan cukup sehat. Misalnya saja, saat ini kami sudah mampu melunasi semua pinjaman investasi dan modal kerja dari Bank. Namun demikian, sukses bagi kami bukan sekedar berapa banyak keuntungan, namun juga seberapa besar MarkNet memberi manfaat kepada para pengusaha kecil. Kami selalu berusaha lebih kepada mengukur atas dasar pencapaian kualitas, bukan saja kuantitas. Terlebih, khusus usaha MarkNet ini, juga dipengaruhi oleh perkembangan permintaan terhadap barang Kencana articles – yang kami tempatkan di outlet. Antara manajemen MarkNet dan Kencana Articles – sebagai penyedia barang “Unik – Menyehatkan & Ramah lingkungan” ( unique, healthy & eco Friendly)- diupayakan dijalin terus karena kami menyadari salah satu jasa – yang menyumbang cukup besar pada pendapatan MarkNet adalah commission fee dari penjualan KencanaArticles tersebut.

Guna upaya memberi manfaat lebih besar kepada para UKMK, saat ini kami sedang menyelesaikan segala persiapan proyek Bandung Batam Incorporated (BBI) – sebagai sarana pemasaran produk Jawa Barat dan nasional ke Semenanjung ( Siingapura, Thailand, Malaysia, Kamboja, Vietnam dan Myanmar) dengan menempatkan Batam sebagai gateway. MarkNet menjadi organizer dari kerjasama Kadin Kota Bandung- Pemerintah Kota Bandung dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berperan antara lain membuka dan mengelola showroom di Green Land Batam centre, mengelola web BBI di
www.bbi-market.com serta mengikuti dan membawa serta aneka produk pada expo di negara target pasar tersebut diatas. Dengan BBI, diharapkan segera terdisplay aneka produk unggulan Jawa Barat dan nasional di Batam, sehingga dengan itu memudahkan para calon pembeli partai besar ( big buyer) di negara-negara Semenanjung memperoleh layanan informasi, harga, sample dan layanan transaksi atas produk anggota ( member) BBI.++++++++++++++)