Yth. Bapak Ir. Sonson Garsoni
Dengan hormat,
Sehubungan dengan permintaan kami untuk menjadi nara sumber mengenai layanan jasa MarkNet, profil perusahaan dan peluang bisnisnya, maka dengan ini kami kirimkan bahan wawancara liputan. Sebagai informasi, tulisan mengenai hal ini kami rencanakan untuk mengisi edisi bulan Agustus 2007 nanti.
Terus terang pada awalnya kami mengenal MarkNet sekadar sebagai penyedia jasa internet cepat untuk mendukung pemasaran. Sebenarnya bisnis apakah yang disediakan? Kapan mulai beroperasi dan bagaimana latar belakang ceritanya?
Mengapa Pak Sonson tertarik mengembangkan layanan ini? Pada waktu itu apakah juga karena melihat peluang bisnis sementara belum ada kompetitor?
Secara lebih detil layanan apa saja yang diberikan MarkNet kepada klien?
Jenis konsumen seperti apa yang menjadi target pelayanan MarkNet? Kesimpulannya pada dasarnya lebih sebagai layanan B’ to B’ ataukah B’ to C’? Lalu bagaimana cara/ prosedur bagi mereka itu untuk menikmati jasa yang ditawarkan?
Sejauh ini konsumen yang masuk dalam jaringan ada berapa perusahaan, meliputi wilayah mana saja?
Menurut Pak Sonson, berdasarkan tingkat kebutuhan animo, bagaimana prospek bisnis jasa ini?
Adakah kendala/ kesulitan untuk membesarkan usahanya? Dalam hal apa dan bagaimana cara mengatasinya?
Berapakah investasi untuk mendirikan usaha ini? Lalu apakah rencana pengembangan usaha Bapak ke depan? Adakah semacam penawaran kerjasama dengan pihak lain? Dalam hal apa dan bagaimana bentuknya?
Terakhir, bagaimana perkembangan perusahaan sampai saat ini dan apa yang menjadi target dalam waktu dekat? Bagaimana pula langkah kongkrit untuk mencapai hal itu?
Selain itu mohon dilampirkan pula data diri (nama lengkap, usia/ kelahiran, status keluarga, latar belakang pendidikan, prestasi, dll) disertai beberapa foto-foto yang menarik sebagai ilustrasi.
Lebih kurang atas perhatian dan partisipasinya kami ucapkan banyak terima kasih.
Hormat saya,
Wiyono
Reporter
Majalah Pengusaha
Jl Pulo Ayang 31,
Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur
Phone: 021 46834949 Fax: 021 46834789 Mobile : 081808818708
Yth Bapak Ali Hamsari dan Mas Wiyono/ Majalah Pengusaha,
Saya minta maaf jika jawaban saya sangat terlambat karena berbagai kesibukan yang ada saat ini. Mohon dapat diterima, barangkali bermanfaat, pemaparan saya berkut atas pertanyaan Majalah Pengusaha dibawah ini :
2. Tertarik berinvestasi peralatan multi media, Teknologi Informasi dan komputer karena berdasar pengalaman menyimpulkan bahwa kelemahan daya saing para UKMK, antara lain, lambat ketika merespon peluang pasar. Banyak produk bagus namun kurang dalam hal promosi, kemasan, penempatan dan pelayanan kepada pelanggan serta akibat dari inefisiensi adalah kalah kompetisi harga. Belum adanya, saat itu tahun 2004, suatu layanan satu atap ( one stop business services) membuat pengusaha harus mendatangi wartel untuk komunikasi, mendatangi warnet untuk layanan internet dan berbagai tempat layanan dokumen seperti foto copy, percetakan dan VCD movie maker ketika harus melayani suatu peluang pasar tertentu.
3. Detail layanan antara lain ( klik
A. LAYANAN INTERNET & COMPUTER, dengan artikel produk tersedia antara lain: akses internet cepat, wifi hotspot zone, Bandwith Reseller, Layanan Promosi melalui Product Upload Internet, Promosi Adwords Google – Iklan Tertarget, Layanan Pembayaran Online ( Payment Online), Layanan Online Pembelian (Online Shopping), Layanan Online Transfer, Layanan Info Pelelangan/ Tender dan Digital printing;


4. Target market kami adalah para pengusaha kecil- yang umumnya memang tidak efisien jika memiliki dan menjalankan aneka peralatan IT, multi media serta internet oleh masing-masing. Masih terbatasnya skala usaha, seringkali membuat peralatan yang- disamping teknologinya cepat berobah- memiliki iddle capacity atau kurang terdayagunakan secara optimal. Dengan demikian MarkNet mengembangkan layanan B to B, baik para pengusaha dan perusahaan menjadi klien tetap kami sebagai anggota terdaftar (member ) mapun meminta layanan berdasar kasus per kasus.
5. Sejauh ini para pelanggan kami p[ada umumnya para pengusaha yang tergabung di asosiasi perusahaan dan pengusaha serta anggota Kadin. Salah satu outlet layanan Marknet berada persis di lantai 1 gedung Grha Kadin Kota Bandung, misalnya. Sementara lain, para usahawan mikro yang tergabung dalam UPPKS ( Usaha Peningkatan Kesejahteraan Keluarga) juga merupakan jaringan MarkNet.
6 . Prospek jasa ini kami anggap baik jika mengingat persaingan global menuntut adanya kemajuan secara cepat dalam merespon peluang pasar. Lemahnya kemasan, promosi dan pencitraan produk, sebagai contoh, telah membuat banyak produk bagus para pengusaha kecil terpaksa dijual secara manufacturing contract basis dengan perusahaan besar Malaysia, Singapura dan “negara pedagang” lainnya. Dengan itu, mereka hanya bertindak sebagai vendor penyedia produk generik sementara nilai tambah ( added value ) harga diperoleh oleh perusahaan prinsipal. Perusahaan prinsipal inilah yang mengembangkan kemasan, merk ( branding) dan mendistribusikan ke dekat pelanggan ( placement) serta menetapkan harga ( price policy). Jadi sepanjang para pengusaha menyadari tantangan itu, sementara lain adalah memang kurang efisien memiliki dan mengelola peralatan berkaitan dengan marketing secara sendiri-sendiri, maka prospek usaha jasa MarkNet ini akan bagus.7. Membesarkan usaha ini, karena bersifat jasa yang sangat peka pada kepuasan pelanggan, akan sangat bergantung pada keteresediaan sumberdaya manajerial -yang bisa memiliki sense of belonging yang tinggi. Dengan dasar itu, pengembangannya harus dilakukan melalui sistim franchese. Sejauh ini 3 tahu kami berjalan, atas investasi sendiri hanya mampu membuka 3 ( tiga) gerai saja.
8. Mendirikan usaha MarkNet akan memerlukan investasi pertama kalinya bisa mencapai diatas 1 milyar. Namun kemudian, dalam pengembangan gerai atau outlet, karena database, server dan sistim manajemen sudah cukup tersedia, investasi kemudia menjadi berkisar Rp 200.000.000/ gerai. Penawaran kerjasama kami lakukan kedepan dengan membidik usahawan warnet. Kami menganggap usaha warnet akan menjadi embrio bagus menjadi MarkNet- Marketplaces & Networking. Sebagaimana diketahui, sebagian pendapatan MarkNet adalah perolehan margin dari posisi sebagai outlet pemasaran dari berbagai produk Kencana articles (
www.kencanaonline.com ) – hasil pendampingan usaha kepada para usahawan mikro dan kecil (UKMK) sebelumnya. Jadi MarkNet bukanlah sekedar warnet, lebih jauh dari itu adalah outlet pemasaran produk UKMK – dengan dukungan internet sebagai infrastruktur ( backbone) dalam layanan komunikasi product knowledge, data stock, komunikasi dengan pelanggan dan lainnya.
9. Perkembangan usaha saat ini memang cukup biasa saja, tidak terlalu pesat namun berjalan dengan cukup sehat. Misalnya saja, saat ini kami sudah mampu melunasi semua pinjaman investasi dan modal kerja dari Bank. Namun demikian, sukses bagi kami bukan sekedar berapa banyak keuntungan, namun juga seberapa besar MarkNet memberi manfaat kepada para pengusaha kecil. Kami selalu berusaha lebih kepada mengukur atas dasar pencapaian kualitas, bukan saja kuantitas. Terlebih, khusus usaha MarkNet ini, juga dipengaruhi oleh perkembangan permintaan terhadap barang Kencana articles – yang kami tempatkan di outlet. Antara manajemen MarkNet dan Kencana Articles – sebagai penyedia barang “Unik – Menyehatkan & Ramah lingkungan” ( unique, healthy & eco Friendly)- diupayakan dijalin terus karena kami menyadari salah satu jasa – yang menyumbang cukup besar pada pendapatan MarkNet adalah commission fee dari penjualan KencanaArticles tersebut.
Guna upaya memberi manfaat lebih besar kepada para UKMK, saat ini kami sedang menyelesaikan segala persiapan proyek Bandung Batam Incorporated (BBI) – sebagai sarana pemasaran produk Jawa Barat dan nasional ke Semenanjung ( Siingapura, Thailand, Malaysia, Kamboja, Vietnam dan Myanmar) dengan menempatkan Batam sebagai gateway. MarkNet menjadi organizer dari kerjasama Kadin Kota Bandung- Pemerintah Kota Bandung dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berperan antara lain membuka dan mengelola showroom di Green Land Batam centre, mengelola web BBI di www.bbi-market.com serta mengikuti dan membawa serta aneka produk pada expo di negara target pasar tersebut diatas. Dengan BBI, diharapkan segera terdisplay aneka produk unggulan Jawa Barat dan nasional di Batam, sehingga dengan itu memudahkan para calon pembeli partai besar ( big buyer) di negara-negara Semenanjung memperoleh layanan informasi, harga, sample dan layanan transaksi atas produk anggota ( member) BBI.++++++++++++++)