Membuat Biogas Bahan Bakar Kompor dari Sampah di Rumah

Digester Portabel [ Flexi ] Biogas BD 1500 L adalah alat untuk membuat biometan ( hasil pemurnian biogas) yang ditujukan bagi rumah tangga memenuhi bahan bakar kompor dari fermentasi sampah dan biomassa sekitar tempat tinggal. Pada pemasukan bahan baku isian (bbi)/ hari 150 liter bubur sampah maupun kotoran ternak, memiliki produktivitas 1 sd 1.5 m3 biometan atau memliliki kandungan 7000 hingga 10,500 k kal atau setara dengan 0,46 kg sd 0,69 kg LPG.
Besaran kalor atau energi panas sebesar 1.5 m3 biometan ( CH4)/ hari mencukupi bagi keperluan memasak rumah tangga pada umumnya. Dengan data empiris 1 (satu) keluarga menghabiskan rata-rata 3 kg LPG/ minggu, output digester 1.5 m3~ 0,69 kg~ 10.500 k kal jauh melampaui kebutuhan tersebut. Kelebihan lain dari biometan ( hasil termurnikan dari biogas) adalah berat jenis (BD) metana (CH4) < udara. Kendati ada kebocoran, metana akan langsung naik keatas. Biometan ( CH4), berbeda dengan propana maupun butana (LPG), sangat aman dari kemungkinan ledakan (eksplosif).    
Terbuat dari bahan, tahan panas dan anti bacteria, PVC Couting dengan serat (fiber) ketebalan 0,7 mm, UV absorber 3 % per total weight, berdimensi ( panjang 3 m x diameter 0,85 m), kapasitas 1,5 m3, mampu berdaya tahan sampai 9 tahun, dilengkapi dengan bak inlet bahan resin fiberglass kapasitas 30 liter, PVC inlet dan outlet serta kompor biogas 2 tungku dan pemurnian biogas (methane purifier) MP 1270.
Digester dilindungi terowongan rumah kaca ( greenhouse tunnel) berdimensi PLT ( 100 x 300 x 50) cm, beratap dan dinding plastik HDPE 0,2 mm dengan kandungan UV 5 %, memberi udara panas bagi bekerjanya bakteri ( mesophilic) pembangkit metan (CH4) serta, sekaligus, menjaga digester dari gangguan binatang.
Selain mengisi bahan baku isian (bbi) harian, perangkat pembangkit energi masak di rumah ini hampir tidak memerlukan perawatan ( free maintenance). Kebutuhan lahan dan pemasangan adalah, menggali parit ( kedalaman 30 cm, lebar 1 m). Kebutuhan luas lahan keseluruhan 3 sd 4 m2, pemasangan dapat dilakukan oleh petugas tanpa keahlian khusus atau, digester Portable BD 1500 L ini dapat juga dipasang oleh pelanggan sendiri dengan berpedoman pada brosur dan petunjuk standar operasi yang disertakan dalam setiap pengiriman produk.  
PERBANDINGAN antara DIGESTER ( FIXED DOME) dengan PORTABLE DIGESTER
Dengan fermentasi, semua jenis limbah organik (  pertanian, perkebunan, peternakan dan kotoran ternak hingga sampah organik), gulma kebun ( alang-alang, rumput gajah, serasah dan perdu) dan gulma perairan ( eceng gondok, alga, ganggang laut) maupun limbah industri pengolahan hasil pertanian atau, kemudian disebut biomassa, di dalam alat kedap udara yang disebut digester, secara alami akan dihasilkan biogas dan pupuk organik. Setelah dilewatkan pemurnian ( methan purifier), komposisi CH4 akan menaik seiring dengan terperangkapnya gas pengotor (impurities gas NH2, H2S, CO2) pada absorben, selanjutnya biogas menjadi kualitas biometan RNG ( Renewable Natural Gas).
Setiap hari Digester Portabel [ Flexi ] Biogas BD 1500 L memerlukan bahan baku isian ( bbi) sebesar kapasitas dibagi 10 hari masa retensi ( retention time) atau sebanyak 75 liter ( bubur sampah, biomassa atau kotoran ternak) dengan air pada perbandingan 1 :1,  total 150 liter. Selain biometan (CH4), digester akan menghasilkan sekitar 30 kg pupuk organik kompos padat dan 45 liter pupuk organik cair bagi kegiatan budidaya tanaman pekarangan seperti sayuran, tanaman obat maupun tanaman hias (*)

1 komentar untuk “Membuat Biogas Bahan Bakar Kompor dari Sampah di Rumah”

Komentar ditutup.