Respon Usaha Kecil Bandung Pada Teknologi Informatika

Perkembangan teknologi informatika bagi bisnis kini tengah direspon oleh para pengusaha Kecil Menengah di Bandung, setidaknya dilihat dari antusiasmenya pada saat soft opening Outlet ke-2 MarkNet tanggal 16 April 2007. Dengan keberadaan MarkNet – sebagai suatu business services ini, kelak akan merobah gambaran sebuah kantor Usaha Kecil Menengah (UKMK)- tidak lagi harus dipenuhi oleh alat peralatan kantor dengan banyak pegawai-sehingga dengan itu pengusaha akan dipusingkan oleh kewajiban tetap ( fixed Cost) per bulan. Kehadiran MarkNet- sebagai suatu Business Services, yang Outlet ke-2 nya berlokasi di Gedung Graha Kadin Kota Bandung ini, akan merobah suasana ruang kerja seorang pengusaha UKMK kelak untuk lebih fokus kepada aspek produksi- menyajikan produk secara baik dan melayani pelanggan serta membuat keputusan dagang.

MarkNet- yang didirikan oleh badan usaha PT. Paska KONSULTAN- perusahaan sister company dengan PT Cipta Visi Sinar kencana (CVSK), digagas menjadi suatu Market Places & Networking atau dengan kata lain sebagai suatu tempat pemasaran dan membesarkan jaringan . Keberadaannya diharapkan menyajikan aneka layanan kepada pengusaha dalam menjalankan operasi pemasaran maupun promosi perusahaannya.

Aneka layanan yang kini dapat diberikan MarkNet adalah Internet & Komputer, MultiMedia, Expo Equipment Services dan Training sudah akan banyak membantu pengusaha mendapatkan semua layanan modern berbasis IT bagi kepentingan pemasaran dan operasi usahanya. Bahkan, bagi pimpinan perusahaannya- yang kemudian menjadi anggota (member) di MarkNet, bisa-bisa menjadikan MarkNet ini semacam “sekretaris” guna melancarkan segala keperluannya. Mulai mengatur perjalanan bisnis – dengan menyediakan ticket pesawat dan voucher hotel di seluruh dunia yang dikerjakan MarkNet secara online, membayar tagihan ( listrik, telepon, HP, sekolah anak), membeli pulsa voucher hingga transfer Bank, mendapatkan informasi bisnis (info tender, data maupun berita secara berkala), membuat penawaran bisnis hingga mengirimkannya melalui surat elektronik (e mail) ke berbagai alamat dalam waktu singkat, adalah beberapa saja dari sekian banyak keuntungan dari mendapat layanan MarkNet kepada pimpinan bisnis.

Dalam kesempatan soft Opening di Outlet ke -2 disamping MarkNet Outlet 1 di Jl. Pungkur No 115, Mbak Carla Dinawati– yang kini bertindak sebagai Outlet MarkNet Spv di Outlet ke-2 tersebut- menggambarkan bahwa fasilitas keanggotaan ( membership) MarkNet diberikan jika seorang pebisnis telah memenuhi tahap antara lain : 1. bersedia menjadi pelanggan jasa-jasa MarkNet ( perusahaan maupun perorangan), 2. telah teridentifikasi (dengan terlebih dahulu mengisi data Form Membership), 3. menyimpan deposit minimal Rp 1.000.000,- dan 4. mengisi data isian termasuk kode rahasia ( maiden name) bagi keperluan verifikasi No ID pelanggan dalam pengamanan pendebetan deposit karena order per telepon serta, 5. bersedia membayar layanan membership ini sebesar Rp 300.000,- / bulan diluar biaya langsung atas layanan jasa-jasa sesuai tarif yang ada.
Persyaratan diatas sepertinya mengada-ada, namun memang layanan ini sepenuhnya memerlukan verifikasi – ketika pelanggan memerintahkan transfer atau pembelian pulsa misalnya, ya……………… harus bisa dipertanggungjawabkan bahwa itu benar…………………. dong. Adanya aplikasi komputer menuntut itu, khususnya bagi kepentingan pengamanan data bagi setiap anggota- yang mungkin saja kelak akan berjumlah ratusan orang, tidak bisa lagi dengan mengandalkan daya ingat seorang personalia supervisor. Bagi pelanggan – yang telah memenuhi tahapan diatas, akan mendapatkan ID Card sebagai Tanda Pemilikan Layanan Khusus ( special services) MarkNet. Member MarkNet atau pemegang ID Card antara lain berhak :

1. Discount harga atas semua layanan MarkNet, ( penggunaan internet, telepon, printing, desain, dan layanan lainnya sebagaimana diatas),

2.Layanan jarak jauh via telepon/ sms ( seperti perintah pembayaran tagihan ( Kartu kredit, beban PLN, beban telepon fixed phone dan hp, maupun perintah transfer Bank dikala Bank tutup sekalipun serta pembelian online seperti pengisian voucher pulsa.

3. Layanan Sekretaris & Personal asistant (Secretarial Services) antara lain pesan menerima tamu, buat janji ( appointment), handle relasi bisnis, dan pekerjaan sekretaris lain pada umumnya sebagaimana tercantum dalam perjanjian keanggotaan.

4. Layanan Antaran Pesanan Informasi ( Info Tender, Daftar Alamat dan Data Sesuai Permintaan) -yang dikirim kepada pelanggan melalui faximili dan/atau antaran kendaraan dan Pos ke alamat member,

5. Mengelola (Manage) Promosi Adwords ( perobahan geografis, keywords, Negara Target) pada Account member – yang sudah dimiliki sebelumnya,

Tawaran inilah -yang membuat acara soft opening MarkNet Outlet ke-2 pada 16 April 2007 ramai didatangi para usahawan kecil di Bandung- dianggap bisa memberikan kemudahan bagi pengusaha dalam menjalankan bisnisnya, barangkali. Bahkan, dalam kesempatan soft opening ini, tidak kurang hadir Ketua Kadin- Deden Y Hidayat- serta para pengurus Kadin Kota Bandung lainnya; Juga, hadir unsur KPMD Kota Bandung, Kantor Perdagangan Kota Bandung serta pimpinan Asosiasi Pengusaha dan Perusahaan. Dan, yang juga menggembirakan jajaran MarkNet, sebagian besar hadirin malahan justru para pelaku bisnis itu sendiri.
Guna memulai adanya layanan membership, dalam kesempatan itu secara simbolis telah mendaftarkan diri jajaran manajemen PT CV Sinar kencana serta Tim Proyek Bandung Batam Incorporated (BBI) menjadi member pemula (pionir) atas layanan MarkNet. Kapan dan siapa lagi menyusul ? Kita tunggu para Frontliner MarkNet bekerja………………………………..


Syukurlah, dengan 7 ( tujuh ) orang pertama mendaftar MarkNet member saja diharapkan akan membuat semangat programmer menyelesaikan aplikasi komputer dalam pengelolaan keanggotaan MarkNet tersebut. Dengan soft opening ini, sem0ga saja apa yang dijanjikan pimpinan perusahaan MarkNet- sebagaimana disampaikan didepan para usahawan siang di Aula Kadin dengan disaksikan Ketua Kadin Kota Bandung, H Deden Y Hidayat tersebut, akan mampu dijalankan para tenaga profesionalnya di lapangan. Semoga……………….++++++++)