Teknik Imhoftank Bagi Pembangkitan Energi dan Pupuk Pasca Galian Tambang Terbuka

  Masalah utama yang timbul pada wilayah bekas tambang adalah perubahan lingkungan meliputi perubahan kimiawi terutama berdampak terhadap air tanah dan air permukaan, berlanjut secara fisik perubahan morfologi dan topografi lahan. Lebih jauh lagi adalah perubahan iklim mikro yang disebabkan perubahan kecepatan angin, gangguan habitat biologi berupa flora dan fauna, serta penurunan produktivitas tanah dengan akibat menjadi tandus atau gundul.
 
Tambang terbuka didefinisikan sebagai kegiatan penambangan bahan galian yang berhubungan langsung dengan udara luar. Metoda Tambang terbuka meliputi Quarry yakni penambangan bahan galian C, contoh endapan pasir di perbukitan, tanah liat, batu kapur dan andesit; Strip Mine, endapan bahan galian yang letaknya mendatar biasanya diterapkan untuk endapan batubara; Open Pit, penambangan untuk endapan bahan galian dengan cara memindahkan tanah penutupnya dan menggali bahan galian tersebut sehingga menimbulkan pit ( sumur terbuka) serta metoda lain seperti Back Filling maupun tambang Alluvial.
Kerusakan lingkungan yang terjadi yaitu akibat dari sistem penambangan – yang tidak mengikuti kaidah yang benar seperti rusaknya tanah pucuk (top soil), terjadi lubang-lubang bukaan yang besar, batas kemiringan tebing galian sangat curam, tinggi dinding galian sangat dalam. Akibat dari kerusakan lingkungan geofisik tersebut juga mempengaruhi lingkungan yang lain seperti terjadinya perubahan bentuk lahan, berubahnya fungsi lahan, tatanan air tidak berfungsi, vegetasi penutup lahan hilang, terjadinya pencemaran debu, bekas lahan tambang menjadi gersang karena tidak ada penanaman kembali. 
Pada masing-masing lokasi tambang juga tidak dilakukannya reklamasi, tanah pucuk (top soil) tidak diolah untuk menutupi kembali lahan yang sudah ditambang, sehingga lahan bekas tambang ditinggalkan begitu saja tanpa ada upaya perbaikan maupun pemanfaatan kembali.

Dalam upaya mengatasi kondisi lahan pasca tambang yang rusak, maka dilakukan berbagai alternatif penataan kawasan atau lahan seperti kawasan perumahan, kawasan perkebunan, kawasan pertanian kawasan budidaya perikanan, kawasan pariwisata dan lain sebagainya, untuk mengurangi dampak akibat penambangan dan menguntungkan bagi masyarakat sekitarnya, yang sebelumnya harus dilakukan beberapa perlakuan khusus untuk menunjang kawasan tersebut.

Mengingat pemanfaatan kawasan atau lahan adalah bagian dari pembangunan untuk menuju keadilan dan kesejahteraan masyarakat, masa kini dan masa mendatang atau pembangunan berkelanjutan, diperlukan ikhtiar agar lobang terbuka pasca penambangan dapat segera memberi manfaat secara ekonomi, lingkungan dan sosial. Gagasan bagi upaya mempercepat perbaikan lingkungan secara murah adalah pembangunan reaktor Imhoftank bagipembangkitan energi dan pupuk pada lahan galian pasca penambangan terbuka.
Bentuk permukaan wilayah bekas tambang pada umumnya tidak teratur dan sebagian besar dapat berupa morfologi terjal. Pada saat reklamasi, lereng yang terlalu terjal dibentuk menjadi teras-teras yang disesuaikan dengan kelerengan yang ada, terutama untuk menjaga keamanan lereng tersebut. Berkaitan dengan potensi bahan galian tertinggal yang belum dimanfaatkan, diperlukan perhatian mengingat hal tersebut berpotensi untuk ditambang oleh masyarakat atau ditangani agar tidak menurun nilai ekonominya. Selanjutnya, lahan tambang hingga kedalaman tidak terhingga dilapisi ferocement untuk kemudian diisikan biomassa bahan pembangkitan energi biogas.   
Berbagai jenis limbah atau biomassa yang baik bagi pembangkitan energi, terutama material yang mengandung selulosa tinggi, meliputi antara lain sampah domestik dapur ( jenis organik) , feces kotoran hewan ternak, tinja/ septic tank, gulma kebun dan gulma air seperti eceng gondok, ganggang laut dan kiambang, limbah proses produksi sari buah, dan aneka makanan, serta aneka limbah asal tumbuhan dan ternak lainnya. Selain perolehan biogas sebagai bahan bagi pembangkitan energi listrik maupun panas, lumpur sisa pembangkitan biogas di dalam reaktor Imhoftank dipompa keluar sebagai pupuk organik bagi reklamasi lahan permukaan. 
 
Lumpur ini dapat dikatagorikan sebagai pupuk organic dan dapat ditingkatkan kualitasnya dengan menambahkan kedalamnya aneka bakteri ( penambat N2, pelarut posfat dan KCL) atau maupun hormon zat tumbuh, sehingga memiliki nilai tambah ( added value) sebagai pupuk hayati ( bio fertilizer) bagi percepatan penumbuhan vegetasi (*)

1 komentar untuk “Teknik Imhoftank Bagi Pembangkitan Energi dan Pupuk Pasca Galian Tambang Terbuka”

  1. Tentang Kami

    Daftar kontak PT. Cipta Visi Sinar Kencana

    Workshop dan Showroom KencanaOnline.Com
    Jl Raya Banjaran No 390 Pameungpeuk KM 13 Bandung 40376, Jawa Barat, Indonesia'

    Kami dapat dihubungi melalui:

    Telepon/SMS: +6281 572 527 115 atau +62811 208648
    Telepon: +62-22-87800115 – 70790116
    Fax: +62 22 5946236
    E mail: marketing@kencanaonline.com
    Skype: kencanaonline1

    Layanan Pelanggan:

    Penjelasan Teknis ( Tech Support) Produksi Kompos dan Biogas:

    Yanuar Nurrachman Latief, S.Si, +62 22 87800115- 8157002935

    Penjualan Eceran ( Retail), Toko dan bantuan belanja online

    Melda, Agis : +62 22 878 00115 ( hunting), DO +62 22 70790116

    Bukti/ Resi Pengiriman Barang Order, CS Delivery:

    Asep, Nissa : +62 22 87800115 (hunting), DO +62 812 10023852

    Kit Promosi, Penawaran dan Dukungan Supply Pelelangan/ Tender :

    Sodikin: +62 22 87800115 (hunting), DO +62 22 70362595- 856 24538101

    Kunjungan dan Pelatihan :

    Evie Nissa : + 62 22 87800115 (hunting), DO +62 812 10023852

    Faktur Pajak, Invoice dan Keuangan:

    Budi Permana, SE : +62 22 87800115- 853 15649029

Komentar ditutup.