Bisnis Berbahan Organik Kompos

Pertamanan dari Bahan Sampah Organik

Kompos, sebagai hasil dari pengolahan sampah dan limbah organik, bermanfaat besar bagi upaya memperbaiki struktur tanah dengan meningkatkan kandungan bahan organik ( C- Organik) dan akan meningkatkan kemampuan untuk mempertahankan kandungan air tanah. Aktivitas mikrobia yang bermanfaat bagi tanaman akan meningkat dengan penambahan kompos. Aktivitas mikrobia ini membantu tanaman untuk menyerap unsur hara dari tanah. Aktivitas mikrobia juga diketahui dapat membantu tanaman menghadapi serangan penyakit. Tanaman yang dipupuk dengan kompos juga cenderung lebih baik kualitasnya daripada tanaman dengan asupan pupuk kimia, misal: hasil panen lebih tahan disimpan, lebih berat, lebih segar, lebih bernas dan lebih enak.

Kompos juga digunakan para pehobbies tanaman hias, nursery dan bunga sebagai bahan yang baik dalam pembuatan media tanam. Secara umum, media tanam harus mampu menjaga kelembaban sekitar perakaran, menyediakan cukup udara ( memiliki porositas tinggi) , dan dapat menahan ketersediaan unsur hara. Kompos merupakan media tanam organik yang bahan dasarnya berasal dari proses fermentasi tanaman atau limbah organik, atau semua material yang berasal dari makhluk hidup seperti jerami, sekam, daun, rumput, dan sampah kota. Kelebihan dari penggunaan kompos sebagai media tanam adalah sifatnya yang mampu mengembalikan kesuburan tanah melalui perbaikan sifat-sifat tanah, secara fisik, kimiawi, maupun biologis. Selain itu, kompos juga menjadi fasilitator dalam penyerapan unsur nitrogen ( N) yang sangat dibutuhkan oleh semua tanaman.

Kompos yang telah dipasteurisasi dalam bedeng jamur ( shed) dan suhu telah turun sampai 35-40 derajat C dilakukan penaburan bibit jamur ( spawning) , jadilah kompos sebagai media tanam jamur . Penaburan bibit dilakukan dengan memasukkan bibit ke dalam lapisan kompos dan sisanya disebar diatas permukaan kompos, dengan tinggi sekitar 25-30 cm. Pasteurisasi ialah pemanasan kompos dan ruangan rumah jamur dengan uap panas sampai temperatur 70 derajat C selama waktu 5-7jam. Suhu kompos dipertahankan 70 derajat C selama 2-3 jam.

Bagi kepentingan menyediakan pupuk hayati, kompos ( termasuk dalam katagori pupuk organik) adalah pembawa ( carier) yang baik menyimpan mikrobia. Pupuk hayati ( mikroba) tidak menyediakan hara bagi tanaman. Jadi tidak memiliki kandungan N, P, atau K. Di alam mikroba-mikroba ini memiliki peranan yang sangat penting bagi tanaman. Hampir seluruh proses penyerapan hara oleh tanaman dibantu oleh mikroba. Bisa mengandung beberapa jenis mikroba, misal yang berperan dalam menambat N dari udara, contohnya Azosprillium sp, Azotobacter sp, Rhizobium sp ( pada kacang-kacangan) , atau ada juga mikroba dalam pupuk hayati yang berperan dalam pelarutan hara P, contohnya Aspergillus sp dan Penicillium sp. Memperkaya pupuk organik ( kompos) dengan mikroba sebenarnya adalah menggabungkan antara peran pupuk organik – menyediakan hara dan ‘ vitamin’ bagi tanaman, sekaligus menyediakan ‘ makanan’ untuk mikroba dalam pupuk hayati.

Kandungan bahan organik yang tinggi dalam kompos sangat penting untuk memperbaiki kondisi tanah. Berdasarkan hal tersebut dikenal 2 peranan kompos yakni soil conditioner dan soil ameliorator. Soil condotioner yaitu peranan kompos dalam memperbaiki struktur tanah, terutama tanah kering, sedangkan soil ameliorator berfungsi dalam memperbaiki kemampuan tukar kation pada tanah. Kompos yang baik untuk digunakan sebagai media tanam ketika telah mengalami pelapukan sempurna, ditandai dengan perubahan warna dari bahan pembentuknya ( menjadi hitam kecokelatan) , tidak berbau, memiliki kadar air yang rendah, dan memiliki suhu sama dengan ruang. Sedangkan secara laboratorium memiliki C/ N ratio yang < 20.

Mendukung produksi kompos, kami, CVSK, telah berhasil merekayasa dan mengisolasi aneka mikroba ( probiotik) dan aneka mineral bagi berlangsungnya pengomposan modern, higienis dan cepat dalam mengurai sampah dan limbah. Mikroba pengurai ini adalah aktivator kompos Green Phoskko® ( GP-1) dan mineral penggembur ( bulking agent) Green Phoskko® ( GP-2) . Dan, dalam kepentingan menjamin bekerjanya bakteri pengurai secara efektif, dikenalkan alat mesin komposter. Dengan komposter ini, telah memberi manfaat kepada pehobies taman dan pengelola pertamanan dalam membuat kompos dengan memanfaatkan bahan baku berasal dari sampah rumah tangga atau, bagi pengelola kawasan komersial ( kawasan industri, hotel, restoran, mall, foodcourt, kantin pabrik) mengelola sampah areanya guna memenuhi kewajiban sebagaimana UU No 18/ 2008. Rotary Kiln juga membantu pengusaha kompos dan pupuk organik granul mendapatkan kompos secara cepat dan murah.

Alat komposter type Rotary Kiln telah memberi peluang bisnis yang cepat menghasilkan dari mengelola sampah di kawasan komersial ( komplek perumahan, pabrik, pasar, kawasan industri, mall atau lingkungan apartemen) maupun sampah dan limbah di kawasan sosial ( sekolah dan perguruan tinggi, rumah sakit dan tempat peribadatan) . Komposter juga membantu berfungsinya pekarangan rumah memberi manfaat sosial, ekonomi dan keteduhan kepada penghuninya. Kita ketahui, pekarangan adalah areal tanah yang biasanya berdekatan dengan sebuah bangunan. Tanah ini dapat diplester, dipakai untuk berkebun, ditanami bunga, atau kadang-kadang memiliki kolam. Pekarangan bisa berada di depan, belakang atau samping sebuah bangunan, tergantung seberapa besar sisa tanah yang tersedia setelah dipakai untuk bangunan utamanya. Pekarangan biasanya dapat membantu penghuninya menyediakan sumber pangan yang hidup ( lumbung hidup) seperti : tanaman palawija, tanaman pangan dan hortikultura, hasil binatang peliharaan, dan ikan. Pekarangan yang ditanami dengan berbagai jenis tanaman bunga-bungaan dan pagar hidup yang ditata rapi akan memberi keindahan dan keteangan bagi penghuninya.

7 komentar untuk “Bisnis Berbahan Organik Kompos”

  1. thanks, though the results of waste compost is very rich in nutrients and compounds, very well be a mushroom growing medium, growing media of different crops and flowers. So what else?

  2. Terrific work! This is the type of information that should be shared around the web. Shame on the search engines for not positioning this post higher!

Komentar ditutup.