Usaha Menjadikan Desa Penghasil Pupuk Organik


Visi seorang kep Desa ingin menjadikan wilayahnya, sebuah Desa pesisir pantai, sebagai penyedia pupuk organik berbasis kelautan sangat menarik. Kemelimpahan aneka limbah ikan, memang sangat baik dijadikan pupuk organik. Kandungan protein hewani, tulang (calcium), akan menghasilkan pupuk organik yang kaya nutrisi khususnya unsur mikro.

Di setiap musim, masih terdapat antara 25 – 30% hasil tangkapan ikan laut yang akhirnya harus menjadi ikan sisa atau ikan buangan. ikan-ikan sisa dan yang terbuang tersebut secara langsung maupun tidak langsung banyak membawa problema lingkungan di kawasan pesisir, minimal dalam bentuk gangguan terhadap kebersihan, sanitasi dan kesehatan lingkungan pesisir. Upaya mengatasi sanitasi pesisir sekaligus menjadikan pupuk organik lengkap itu tengah berlangsung di Ds Wedung, Kec Wedung, Demak. Dikombinasi dengan aneka limbah pertanian ( dedak, sekam, limbah serutan kayu) yang melimpah di Demak, tentu saja memberikan dukungan bagi sang Lurah mencapai cita-citanya.
Setelah studi ke lokasi display KencanaOnline.Com di Bandung, sang Kepala Desa H Jamalludin Malik, Smk segera hadirkan instalasi pengolah sampah di desanya. Dengan memanfaatkan dana PNPM, membangun instalasi (IPSK) pada kapasitas olah sampah dan limbah 3 m3 atau 1 ton/ hari, menggunakan teknologi mikrobiologi dengan alat modern berupa 5 rotary kiln dilengkapi mesin pencacah organik. Kegiatan ini tentu saja menarik perhatian banyak pihak belajar mebuat kompos berbahan limbah ikan dan tanaman dengan mengunjunginya ke lokasi ds Wedung.

1 komentar untuk “Usaha Menjadikan Desa Penghasil Pupuk Organik”

Komentar ditutup.